Sunday, January 27, 2013

Warga Kediri Menangkap 2 Kupu-kupu Raksasa


Dua kupu raksasa yang diduga dari jenis kupu gajah ditangkap Imron (28) warga Desa Pule, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kedua kupu raksasa itu ditangkap saat hinggap di dahan pohon dekat kandang sapi rumahnya, Sabtu (26/1/2013).

Setelah diukur dengan penggaris, lebar sayap kedua kupu raksasa itu mencapai 22 cm dan panjang badannya mencapai 12 cm. Saat ditangkap kedua kupu tersebut diduga sedang kawin karena posisinya saling  menempel.

“Mungkin ini sepasang kupu jantan dan betina,  yang jantan badannya lebih besar sedikit dibanding kupu betina. Tapi motif batik di sayap warnanya hampir sama cokelat dengan totol warna-warni,” ungkap Imron kepada Surya Online.

Namun setelah ditangkap, kedua kupu berukuran super besar itu keburu mati. Dari warna dasar sayap kupu gajah itu berwarna cokelat, kepalanya warnanya cokelat tua dan badannya belang cokelat dan putih.

Rencananya Imron akan mengawetkan kedua kupu gajah tersebut untuk koleksi hiasan di rumahnya. Beberapa warga yang mengetahui tertangkapnya kedua kupu raksasa itu juga banyak mendatangi rumah Imron untuk sekedar melihatnya.

“Ini kupu super besar yang pernah saya lihat. Dulu juga ada kupu gajah seperti ini, tapi badannya tidak terlalu besar karena bentang sayapnya hanya sekitar 15 cm, kalau ini lebih dari 20 cm," ungkap Arif.

Sejumlah warga yang melihat kupu raksasa ini banyak yang mengabadikan dengan kamera ponsel. Bentuk warnanya memang menarik karena memiliki motif bagus.