Saturday, December 19, 2009

10 Selebriti Yang Paling Berpengaruh di Dunia

Berikut 10 besar daftar 100 selebriti paling berpengaruh versi majalah Forbes. Pemberitaan tentang  Angelina Jolie di media selama 12 bulan menempatkannya di urutan pertama dalam daftar tahunan Forbes sebagai bintang yang paling berpengaruh. Yang telah menggusur kedudukan Oprah Winfrey di posisi kedua. Sebelumnya, Oprah menempati posisi teratas dalam daftar ini selama dua tahun. Sedang posisi ketiga ditempati diva pop, Madonna, naik 18 tingkat dari posisinya tahun lalu. Daftar 100 ini dibuat berdasarkan rata-rata para pesohor mulai dari bintang film, bintang TV, musik dan olah raga diberitakan di media.

1. Angelina Jolie

Angelina Jolie

Angelina Jolie jadi favorit kolom gosip selama setahun ini. Dan berkat pemberitaan media ini lah dia berhasil menggusur posisi Oprah Winfrey dalam daftar 100. Kehidupan bintang berbibir seksi ini memang selalu menarik perhatian media. Film terbarunya WANTED membuktikan kalau Angelina Jolie masih cukup tangguh untuk berperan di film bergenre action. Film ini sendiri berhasil meraup penghasilan US$ 34 juta di box office AS.

 

2. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey

Sebagai tambahan penghasilan dari majalah bulanan miliknya yang telah berjalan selama tiga tahun, Oprah Winfrey mendapatkan tambahan US$ 55 juta serta kontrak dengan XM Satellite Radio. Rumah produksinya, Harpo makin berkembang tahun ini. Dia juga akan meluncurkan program baru hasil kerja sama dengan Discovery Communications.

 

3. Madonna

Madonna

Ratu pop ini mendapat tambahan penghasilan dengan promosi album barunya HARD CANDY yang dimulai tahun 2008 lalu. 58 jadwal konser di 17 negara membuatnya mendapat penghasilan tambahan sebesar US$ 280 juta. Nama bintang berusia 50 tahun ini tetap jadi sorotan media lewat affairnya dengan olahragawan Alex Rodriquez. Perceraian dengan suaminya Guy Richie ditambah kegagalannya mengadopsi anak kedua, membuat namanya tetap bertahan di surat kabar.

 

4. Beyonce Knowles

Beyonce Knowles

Di akhir tahun lalu, penyanyi ini meluncurkan double album, membintangi dua film, tampil di acara Oscar dan Presidential Inaugural Ball untuk presiden Barck Obama. Bukan itu saja, istri Jay Z ini juga tampil dalam 110 jadwal tur internasional. Dalam bidang usaha, Beyonce Knowles akan meluncurkan koleksi busana dan berbagai perniknya termasuk perhiasan dan kaca mata. Belum lagi dia dipercaya sebagai bintang iklan berbagai produk seperti Nintendo, Crystal Geyser, General Mills, L'Oreal, Giorgio Armani dan tas Samantha Thavasa. Jadi tak heran kalau namanya kerap kali muncul di media massa.

 

5.Tiger Wood

Tiger Wood

Pemain golf Tiger Wood tidak kekurangan cara mendapatkan uang, yakni dengan mendesain tempat latihan golf. Saat ini tempat dia telah membuka tempat kursus golf di Carolina Utara dan Dubai. Dan tahun lalu dia mengumumkan akan mendirikan jaringan ketiganya du Mexico. Tiger Wood juga mengantongi kontrak dengan berbagai produk olahraga terkenal. Bahkan pegolf terkenal ini pun dapat mengalami resesi, kontraknya dengan Buick diakhiri setahun lebih cepat. Namun Tiger Wood dengan cepat mendapatkan gantinya lewat kontrak baru dengan AT&T sebagai sponsor dari tas golf-nya.

 

6. Bruce Springsteen

Bruce Springsteen

Penyanyi kondang asal New Jersey ini mendapat penghasilan lebih lewat turnya di tahun 2008, tiket penjualan konsernya di seluruh dunia membawakan penghasilan US$ 166 juta. Penyanyi veteran ini mengakhiri turnya dengan tampil di Super Bowl. Dia juga menandatangani kontrak eksklusif dengan Wal-Mart untuk penjualan album greatest hits-nya. Tapi dia menyebut kontrak itu sebagai sebuah 'kesalahan.'

 

7. Steven Spielberg

Steven Spielberg

Sutradara kondang ini mengalami masa sulit di tahun lalu di mana dia harus mencari rumah produksi besar untuk naungan perusahaannya DreamWorks studio, yang selama ini jadi anak perusahaan Viacom. Kontraknya dengan perusahaan ini berakhir pada Oktober 2008. Akhirnya Disney memberinya naungan empat bulan setelah itu. Meski mengalami masa sulit, keuangan sutradara ini tidak goyah. Film baru yang diarahkannya, INDIANA JONES berhasil membuatnya mendapat penghasilan US$ 150 juta.

 

8. Jennifer Aniston

iJennifer Aniston

Lima tahun setelah FRIENDS berakhir tayang, para penggemar masih mengelu-elukan Jennifer Aniston. Tahun ini dia berperan dalam film-film drama yang khas dalam peran pilihannya seperti Marley & Me dan He's Just Not That Into You. Dengan suksesnya film ini aktris ini mendapat tambahan penghasilan sebesar US$ 25 juta. Tentu saja namanya masih kerap menghiasi surat kabar, terutama membahas soal kehidupan cintanya.

 

9. Brad Pitt

Brad Pitt

Pitt kembali dinominasikan masuk Academy Award yang kedua kalinya tahun lalu, kali ini untuk perannya di The Curious Case of Benjamin Button. Aktor ini juga mendapat banyak perhatian media setelah kelahiran anak kembarnya dengan Angelina Jolie. Seperti halnya pasangannya ini, Pitt seperti tak ada habisnya jadi perhatian media dengan berbagai gosip, termasuk usahanya dalam membangun daerah korban Katrina di New Orleans.

 

10. Kobe Bryant

Kobe Bryant

Popularitas bintang basket ini makin melambung tahun lalu setelah memenangkan penghargaan Most Valuable Player dan jadi pemimpin di Team USA untuk Olipiade Beijing yang berhasil membawa pulang medali emas. Toko NBA No. 24 di Jersey mendapat penjualan terbanyak di USA, Eropa dan China. Dia juga mendapat kontrak untuk beberapa produk seperti Nike, Upper Deck, Activision dan VitaminWater.